Wednesday, March 13, 2013

DIY Sign LED lamp (lampu sen LED)

Yuk kita bikin...



Berikut rangkaiannya..
Bahan:
- PCB: std dan bolong (ic)
- Led Ultra bright
- resistor*

Untuk mengetahui nilai aktual resistor, silahkan go to www.ledcalc.com. Berhubung tegangan motor boleh dibilang variabel antara 11-15v, maka dalam mencari nilai R di bebankan pada tegangan tertinggi.
Ingat, urusan dengan Led ga sembarangan, klo Led mau awet mesti bener-bener diitung.

Led ultra-bright arus typical nya 40mA, karna di paralel jadi total nya 80mA. Dari situ kita bisa kalkulasi di ledcalc.com pada tab Series-LED, angka R yang didapat adalah 120Ohm pada 15v, demi mempertahankan umur Led, ga ada salahnya pakai R yang 150Ohm. Seharusnya R yang dipakai adalah yang 1 watt, dikarenakan pemakaian lampu sen yang tidak kontinyu ataw terus-menerus, jadi R yg 1/4watt dirasa cukup.

Okeh, sekian untuk itung2an-nya.. kita lanjut ke design PCB nya.
Buat potongan PCB seperti dibawah.


Pada PCB polos di buat jalur jadi 2, pakai cutter aja, ati2 jgn sampai terbelah.


Untuk design, silahkan sesukanya, tapi di perhitungkan size nya, usahakan sekecil mungkin, kalau tidak.. khawatir ga muat masuk lubang lampu sen di motor.




 Disolder sedemikian rupa..


 Nah.. jadi deh.



Nih nyala Led ultra-bright, super terang..


Ati2 ya waktu masang di motornya, coz motor aslinya pake bohlam yg nonpolar alias ga ada kutub plus or minus jd bisa bolak-balik, nah klo led mesti plus ketemu plus jg sebaliknya. So.. jalur yg dari resistor itu lah yang plus. Nah untuk mengetahui plus dan minus di fitting motor, umumnya kabel minus atau ground itu hitam, tapi ga semua motor pake ground hitam, contoh honda kabel ground nya pake hijau.
Nah.. gampangnya, di komper aja kabel antara fiting kanan dan kiri, klo ada warna yang sama bisa dipastikan itu minus atau ground.
Karna rangkaiannya ga ada proteksi (diode), makanya jangan sampe terbalik antara plus dan minus klo ga bisa dodol led nya. Bisa aja dipakai proteksi berupa diode, cuma rangkaianya khawatir makin tambah gede n ga muat di fitting motor.

No comments:

Post a Comment