Wednesday, March 13, 2013

ChainPad (Tatakan rantai motor)

Seperti biasa, ada aja yang di rengekin si Mimin (baca: Minerva)

Sebetulnya sih udah lama doi minta tuk ganti tatakan rante nya, cuma bingung.. coz kanibalannya ama apa ya!??.. kite puter otak dikit.

Kalo ngerjain kaya begini sih sebenernya udah pernah dulu di motor ninja R, chainpad nya sih ga abis, cuma dirasa kurang panjang, jadi kalo rante dah agak kendor akhir nya ya ke-gesek deh di arm nya, selain berisik juga ga bagus tuk rante n arm, apalagi kalo jarang di lumasin, bakal karat.

So.. untuk kali ini giliran si Mimin, maklum produk murah, jadi kwalitas barang nya jg ga terlalu tahan.
setelah sempet di akal-akalin pake bekas selang bensin yang diikat kabel ties dialur rante pada arm, akhir nya abis juga.

Yuk kita buat chainpad sendiri, bahan dan alat bisa dilihat dibawah,
- ban dalam bekas
- lem karet (aibon dan sejenisnya)
- gergaji besi
- gunting
- penggaris
- skill, ini yang penting.




Setelah mengukur pola, didapat pola dasar seperti pict dibawah. Itu baru dasarnya, bakal ada 2 sampai 3 lapisan nantinya.


Bersihkan sebersihnya pada arm dan bantalan buatan untuk dapat hasil yang bagus.


Ga cukup cuma di bersihkan, untuk bantalan karetnya sebelum di lem harus di garet-garet dengan gergaji,, heheeehe dah kaya tukang tambel ban, ya memang kudu gitu kalo mau lem nya merekat kuat.
ng-lem nya harus di ke-dua permukaan ya.


Pengerjaannya sukur jika dapat bagus (ada seninya) dan rapih, tapi itu ga kritikal, yang penting gimana cara agar bantalan dapat menutup dan mencegah jika rantai mulai kendor, alhasil ga berisik n arm dan rante bakal aman. Yang penting jangan lupa untuk lumasin rante yang rajin ya.


No comments:

Post a Comment