Monday, September 1, 2014

DIY Motorcycle battery replacement with Li-ion from laptop battery (bikin aki pakai bekas batre laptop)

Sebetulnya bukan kali ini aja baru bikin pengganti aki dari batre bekas laptop, sebelumnya juga sudah pernah, cuma masih kurang bagus hasilnya.
Karna perbedaan tegangan tiap cell antara batre SLA/Aki biasa (basah/kering) dengan Lithium, membuat agak ribet pada implementasinya.
Untuk lebih jelasnya silahkan ke http://batteryuniversity.com/, disitu banyak penjelasan tentang segala jenis batre.

Lanjut ke percobaan kali ini, dibawah ada rangkaian charging yang sangat sederhana untuk batre li-ion yang sudah jadi.


Ini hasil dari 4 buah batre laptop, dicari cell yang masih bagus tegangannya 3,6v minimum yang masih lumayan bagus. 1 cell batre diatas itu 3,7v (4,2v full charge) dengan kapasitas 2 Amper. Jadi jika di paralel 6 hasilnya 12Amp, yah.. itupun kalo cell nya masih baru, kemungkinan kalo bekas kisaran 1 Amp.





Setelah di cas semaleman dan di coba di motor, masih agak berat untuk stater tangan, kemungkinan dioda nya kurang besar dan batrenya belum full charge. Ganti dioda lagi dan kalo perlu di paralel biar tambah besar kapasitas nya untuk dongkrak elektrik-stater.


update!, tambah dioda 2A untuk limit arus yg masuk ke IC regulator, agar tidak terlalu panas.



Ahir nya.. sedikit penyesuaian lagi pada rangkaiannya, sekarang pake dioda 20Ax2@5, jd total 200A (menurut datasheet nya sih..), trus jg ganti IC LM7812 ke L7812CV yg ternyata outputnya 1,5A max, jd dibagi 6 cell harusnya 250mA/cell saat cycle-charge di motor, arus yg aman untuk charge cell li-ion.




Sayangnya.. saat di tes pun msh kurang terlalu kuat untuk stater, yah.. karna batrenya jg bekas pakai, dan juga harus nytart motor 150cc, mungkin klo motor bebek sih ok2 aja.
Andai cell batre nya baru.. pasti joss!..



4 comments:

  1. Out volt batry nya brp gan ?
    klu ampere nya sdh agan hitung ketemu 12Amp

    ReplyDelete
  2. gimana gan setelah pake bbrp hari ... ada perubahan ??

    ReplyDelete
  3. Gx panas kah body baterai jika di pake lama? Secara baterai li-ion kn punya temperatur maksimum. Klo kelewat bisa2 meledak ama motor2nya.

    ReplyDelete
  4. Akhirnya ketemu juga yang udah nyoba. Kemungkinan baterai nya yang kurang cocok mas soalnya pernah baca 18650 ada 2 macem 1 untuk capacity yg 1 lagi utk discharge current gede yg biasa utk baterai vape

    ReplyDelete